Jan 20, 2014

Q.S : Fushshilat ( Sebab Turunnya )

Berikut ini adalah sebab turunnya Q.S : Fushshilat. Sebab turunnya ini bersumber dari kitab " Ash- Shahih Al-Musnad Min Asbabinnuzul, disusun oleh Syaikh Muqbil Bin Hadi Al-Wadi'i Rahimahullah Ta'ala. Teks aslinya sebagai berikut :
الصحيـح المسند من أسبـاب النـزول    
 
تأليف:
فضيلة الشيخ/ مقبل بن هادى الوادعى (رحمه الله تعالى)

قوله تعالى:
{وَمَا كُنْتُمْ تَسْتَتِرُونَ أَنْ يَشْهَدَ عَلَيْكُمْ سَمْعُكُمْ وَلا أَبْصَارُكُمْ} الآية 22.
البخاري ج10 ص182 حدثنا الصلت بن محمد حدثنا يزيد بن زريع عن روح بن القاسم عن منصور عن مجاهد عن أبي معمر عن ابن مسعود {وَمَا كُنْتُمْ تَسْتَتِرُونَ أَنْ يَشْهَدَ عَلَيْكُمْ سَمْعُكُمْ} الآية.
كان رجلان من قريش وختن لهما من ثقيف –أو رجلان من ثقيف وختن لهما من قريش- في بيت فقال بعضهم لبعض أترون أن الله يسمع حديثا. قال بعضهم يسمع بعضه، وقال بعضهم لئن كان يسمع بعضه لقد يسمع كله، فأنزلت {وَمَا كُنْتُمْ تَسْتَتِرُونَ أَنْ يَشْهَدَ عَلَيْكُمْ سَمْعُكُمْ وَلا أَبْصَارُكُمْ} الآية.
الحديث أعاده ج17 ص276، وأخرجه مسلم ج17 ص122، والترمذي ج4 ص178 من طريقين صحح أحدهما وحسن الأخرى، وأحمد ج1 ص381، 408، 426، 442، 444، الطيالسي ج2 ص23، وابن جرير ج24 ص109 والبيهقي في الأسماء والصفات ج1 ص177، والطحاوي ج1 ص37 في مشكل الآثار، وفي بعض طرقه في الصحيح وغيره فقال أحدهم: أترون أن الله يسمع كلامنا؟ فقال الآخر إنا إذا رفعنا أصواتنا سمعه وإذا لم نرفعه لم يسمعه، فقال الآخرون: إن سمع منه شيئا سمعه كله، قال: فذكرت ذلك للنبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم فأنزل الله عز وجل الآية.

Maksudnya :
 
Telah menceritakan kepada kami As Shalt bin Muhammad Telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zura’i dari Rauh bin Al Qasim dari Manshur dari Mujahid dari Abu Ma’mar dari Ibnu Mas’ud mengenai firman Allah:

“Kamu sekali-sekali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan.” (Fushshilat: 22). 

Ada dua orang Quraisy dan seorang lagi dari Tsaqif, atau dua orang dari Tsaqif sedangkan satu lagi dari Quraisy disisi Ka’bah. Salah seorang mereka berkata kepada yang lainnya; Apakah menurut kalian Allah mendengar perkataan kita ini? Sebagian berkata: Dia mendengar sebagian saja. Sebagian yang lain berkata; Jika Dia mendengar sebagiannya pasti Dia mendengar semuanya. Maka turunlah ayat; 

“Kamu sekali-sekali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan.” (Fushshilat: 22). 

Wallahu A'lamu Bish-Shawab 

No comments:

Entri Populer

Iklan